Elektrojoss

June 16, 2011

Juli, Pemilihan Rektor Untirta

Filed under: News — elektrojoss @ 6:49 am

SERANG – Panitia Pemilihan Rektor Uni­versitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengagendakan pemilihan rek­tor pada bulan Juli mendatang.
Ta­ta tertib (tatib) dan agenda pe­milihan yang sudah dibuat oleh panitia akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Kementerian Pendidikan Nasional sebelum dilaksanakan karena menteri punya hak suara pada pemilihan.
“Inti dari tatib yaitu mengatur tahap pen­jaringan bakal calon, tahap pe­nya­ringan calon, dan tahap pemilihan ca­­lon. Tatib ini kami konsultasikan be­rikut agenda pemilihannya. Setelah di­konsultasikan dan tidak ada masalah, ta­hapan pemilihan baru dilaksanakan. Sesuai agenda, pemilihan pada bulan Juli,” jelas Ketua Pemilihan Calon Rek­tor Untirta 2011-2015 Sadeli Hanafi di ruang kerjanya, Kamis (12/5).
Katanya, ada pemilihan rektor di Un­tirta akan dipublikasikan secara luas kepada masyarakat. Proses penjaringan bakal calon bersifat terbuka. Siapa saja, baik dari internal maupun eksternal, sepanjang memenuhi persya­ratan dipersilakan mendaftar. Syaratnya antara lain, dosen berstatus pegawai negeri sipil, usia tidak lebih dari 60 tahun, berpendidikan doktor (S3), dan pernah punya jabatan atau punya pengalaman menjadi pemimpin di perguruan tinggi minimal ketua jurusan. “Prosesnya bisa mencalonkan sendiri dan dica­lonkan oleh dosen di fakultas atau sekelompok dosen dengan syarat siap dicalonkan. Di Untirta banyak yang memenuhi syarat. Dosen bergelar doktor ada 30 orang dan guru besar satu orang,” ungkapnya.
Bakal calon yang memenuhi sya­rat, lanjut dia, memasuki ta­hap penyaringan dengan dua ta­­hap. Ta­hap pertama melalui usul pen­dapat dari civitas aca­demica untuk memberikan peni­laian yang penilaiannya jadi bahan ma­­­sukan se­nat. Tahap kedua pe­­nyaringan me­lalui rapat senat. “Rapat senat inilah yang akan me­nen­tukan tiga calon rektor dari beberapa bakal calon rektor,” jelasnya.
Dikatakan, calon rektor selain dipilih oleh senat universitas, juga oleh Mendiknas. Mendiknas memiliki 35 persen hak suara dari total pemilih di senat. Ketentuan tersebut berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah. “Anggota senat Untirta 30 orang dan tinggal ditambah 35 persen hak suara menteri. Hak suara menteri ini bisa bulat ke satu calon atau dipecah untuk calon lainnya. Keputusan tersebut tergantung penilaian menteri terhadap calon berdasarkan curriculum vitae dan visi-misinya,” ungkap Sadeli Hanafi.

Radarbanten

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: