Elektrojoss

May 11, 2011

Job Fair Banten 2011

Filed under: Alumni,Vacancies — elektrojoss @ 6:39 am

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten akan menyediakan sekitar 190 ribu lowongan pekerjaan pada bursa kerja atau ‘job fair’ tahap pertama 2011 yang akan diselenggarakan 12 – 14 Mei 2011.

“Program ini sebagai salah satu upaya Pemprov Banten mengatasi masalah pengangguran. Ini sudah menjadi agenda tahunan, ini merupakan tahun ke tiga,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Eutik Suharta di Serang, Jumat.

Ia mengatakan, lowongan pada bursa kerja 2011 itu merupakan paling banyak yang disediakan selama Pemprov Banten menyelenggarakan program ‘job fair’.

Jumlah perusahaan yang akan terlibat dalam bursa kerja tersebut sebanyak 50 perusahaan termasuk perusahaan jasa tenaga kerja ke luar negeri.

“Lowongan yang disediakan ini untuk semua jenjang pendidikan. Namun berdasarkan data BPS jumlah pengangguran yang paling banyak adalah lulusan SMA sehingga diharapkan lowongan pekerjaan yang paling banyak untuk lulusan SMA dan sederajat,” kata Eutik Suharta.

Bahkan, kata dia, selain lowongan pekerjaan yang disiapkan di wilayah Banten, juga sudah dipersiapkan lowongan pekerjaan untuk tenaga kerja Indonesia ke luar negeri yakni untuk dikirim ke Korea, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

“Jika pada pelaksanaan ‘job fair’ tahun lalu hanya puluhan ribu lowongan yang disiapkan, namun berdasarkan rapat persiapan terakhir kami, untuk tahun ini sudah disiapkan lebih dari 190 ribu lowongan,” kata Eutik.

Eutik mengatakan, pihaknya terus berupaya mengatasi masalah pengangguran di Banten dengan berbagai program seperti pemagangan, job fair, padat karya serta pelatihan kewirausahaan. Tingginya angka pengangguran di Banten lebih disebabkan tingginya penduduk dari luar Banten yang mencari pekerjaan karena Banten memiliki banyak kawasan industri.

Sementara menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, sejak Februari 2010 hingga Februri 22011 jumlah pengangguran di Banten bertambah 18.466 seiring meningkatnya angkatan kerja yang mencapai 5.164.681 orang atau bertambah sebesar 372.704 orang, dibandingkan jumlah angkatan kerja pada Februari 2010 sebesar 4.791.977 orang.

“Secara persentase angka pengangguran di Banten pada Februari 2011 menurun dari 14,16 menjadi 13,50 persen. Namun secara nominal jumlah pengangguran di Banten bertambah 18.466 orang dibandingkan periode yang sama 2010,” kata Kepala Seksi Statistik Kependudukan BPS Provinsi Banten Husin Maulana Ia mengatakan, secara persentase tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Banten pada Februari 2011 turun dari 14,16 persen menjadi 13,50 persen persen karena kenaikan laju pertambahan penduduk yang bekerja lebih besar dibandingkan kenaikan laju pertambahan penduduk yang menganggur. Pada periode yang sama pula, hampir semua sektor mengalami kenaikan jumlah pekerja.

Namun demikian, BPS belum bisa menyampaikan rincian penambahan jumlah pengangguran di Banten pada setiap kabupaten/kota karena rincian angka pengangguran tiap kabupaten/kota di Banten baru bisa diperoleh pada hasil pendataan triwulan ke-3 sekitar Agustus 2011.

“Ini baru angka secara global se-Provinsi Banten. Rincian angka tiap kabupaten/kota akan disampaikan sekitar Oktober 2011 sesuai hasil pendataan pada Agustus,” kata Husin.

Husin mengatakan, pada Februari 2011, peningkatan jumlah penduduk yang ingin memasuki dunia kerja bertambah cukup signifikan. Tercatat jumlah angkatan kerja telah mencapai 5.164.681 orang atau naik sebesar 372.704 orang dibanding bulan yang sama 2010.

Penambahan jumlah penduduk pada angkatan kerja yang cukup besar mendorong Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Februari 2011 menjadi sebesar 68,03 persen atau terjadi kenaikan bila dibandingkan dengan TPAK pada Februari 2010 yang sebesar 64,74 persen. Pada periode yang sama, jumlah penduduk yang terserap dalam dunia kerja juga naik sebesar 354.238 orang menjadi sebesar 4.467.598 orang.

“Karena itu, pada sisi lain penduduk yang menganggur juga mengalami peningkatan sebanyak 18.466 orang menjadi 697.083 orang pada Februari 2011,” kata Husin.

http://www.bantenprov.go.id

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: