Elektrojoss

December 9, 2010

Banten Tempati Posisi Ke-15 Sebagai Provinsi Terkorup

Filed under: Uncategorized — elektrojoss @ 10:31 am

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Provinsi Banten tercatat sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang tingkat korupsinya tinggi. Berdasarkan data Indosian Coruption Watch (ICW), tingkat korupsi Banten menduduki posisi ke-15 dari 33 provinsi di Indonesia. Sedangkan provinsi yang tercatat tingkat korupsinya tertinggi adalah Sumatera Utara.

Menurut Koordinator Bidang Pendidikan Anti Korupsi ICW, Ade Irawan, meskipun secara wilayah Banten dekat dengan pusat pemerintahan di DKI Jakarta, namun pengawasan terhadap tindak korupsi yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan sangat minim. Ade mengatakan penggolongan tingkatan korupsi di Banten didasarkan pada mencuatnya kasus korupsi di berbagai media massa dan laporan dari Kejaksaan.

“Dua hal tersebut yang membuat kita memasukkan Banten sebagai salah satu provinsi terkorup,” ujar Ade saat menjadi pembicara di seminar sehari hari anti korupsi yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/12).

Ade menyebutkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan Provinsi Banten tercatat sebagai salah satu provinsi terkorup. Akibat Diantaranya adalah faktor monopoli kekuasaan di bidang pemerintahan.

Sebagaimana diketahui, lanjut Ade, hampir seluruh pemerintahan di Provinsi Banten baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kota / kabupaten, dikuasai oleh salah satu dinasti. Menurutnya, monopoli kekuasaan tersebut sangat rentan penyalahgunaan wewenang maupun penggunaan anggaran.

http://www.republika.co.id

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: