Elektrojoss

June 25, 2010

Nuklir Indonesia Jamin Ketersediaan Energi Masa Depan

Filed under: Iptek — elektrojoss @ 6:15 am

Penguasaan energi nuklir yang baik bisa menjamin ketersediaan energi masa depan tanpa harus menunggu salah satu sumber yang dipunyai habis dulu. Diversivikasi pemanfaatan sumber energi harus dimulai dari sekarang, termasuk energi nuklir agar Indonesia tidak kehabisan sumber energi.

Demikian Ir Adiwardojo, Deputi Bidang Pengembangan Teknologi Energi Nuklir (PTEN) BATAN saat membuka Seminar Nasional Pengembangan Energi Nuklir III (SENPEN 2010) di Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) Cilegon, Kamis (24/06/2010) sebagaimana dirilis http://www.batan.go.id.

Disebutkannya, saat ini yang penting adalah penguasaan energi dalam arti mampu mengelola dengan baik cadangan energi yang ada, bukan sekedar kepemilikan energi saja.

Sebagai energi bersih dan efisien nuklir disebutnya mampu menjamin ketersediaan energi di masa datang. Untuk mengatasi krisis energi yang terjadi belakangan ini diperlukan adanya bauran energi dari berbagai sumber energi secara optimal.

“Jangan ada diskriminasi diantara sumber energi, termasuk nuklir,” ujar dia di depan 150an peserta dari peneliti, akademisi dan mahasiswa.

Energi nuklir khususnya PLTN akan secara otomatis mendukung pertumbuhan industri nasional. Kemapanan industri membutuhkan ketersediaan energi yang cukup.

“Perlu adanya pemberian pemahaman yang benar di kalangan mahasiswa agar tidak selalu berfikir negatif jika mendengar kata nuklir,” tambah Pembantu Rektor IV Untirta Husaidi Rosdi.mendengar kata nuklir,” tambah
Pembantu Rektor IV Untirta Husaidi Rosdi.

http://www.tribunnews.com/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: