Elektrojoss

May 25, 2008

Radio Komunitas FT.Untirta (Flash FM 107,9 MHz)

Filed under: HME — elektrojoss @ 9:15 am

Radio komunitas adalah stasiun siaran radio yang dimiliki, dikelola, diperuntukkan, diinisiatifkan dan didirikan oleh sebuah komunitas. Pelaksana penyiaran (seperti radio) komunitas disebut sebagai lembaga penyiaran komunitas.Radio komunitas juga sering disebut sebagai radio sosial, radio pendidikan, atau radio alternatif. Intinya, radio komunitas adalah “dari, oleh, untuk dan tentang komunitas”.

Flash-FM 107,9 Mhz adalah radio komunitas mahasiswa Fakultas Teknik Untirta Cilegon. Flash-FM sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari KPID Banten serta menjadi anggota Jaringan Radio Komunitas (JRK) Banten. Saat ini program siarannya sudah berjalan dari hari Senin – Jumat mulai jam 8.00 hingga jam 23.00. Tema acara yang diangkat berita seputar kampus, dunia mahasiswa, kegiatan perkuliahan, musik, dsb. Program acara dibawakan oleh para mahasiswa dari berbagai jurusan dibawah fakultas teknik.

Peran dan Fungsi:
Radio komunitas sebagai salah satu bagian dari sistem penyiaran Indonesia secara praktek ikut berpartisipasi dalam penyampaian informasi yang dibutuhkan komunitas, baik menyangkut aspirasi civitas akademika kampus , masyarakat sekitar maupun program-program yang dilakukan pemerintah untuk bersama-sama menggali masalah dan mengembangkan potensi yang ada di lingkungan kampus dan masyarakat Cilegon.

5 Comments »

  1. Wah…dari jaman ane ini radio memang sudah digalakan. Ane dukung terus Radio ini….wong cikal bakalnya dari Anak Elektro..ya..ngga…hehe
    Konon Flash FM ini dari dulu selalu punya penyiar dengan kualitas suara yang berat-berat empuk (Kalo jaman dulu. di TVRI, ada yang namanya Sambas). Ya..jaman ane kuliah Ade Wijaya suka ngisi di Radio ini bener ngga?

    Ane pengen tahu nih…format acara siarannya. Apakah sudah?
    1. Bekerjasama dengan organisasi kampus keagamaan, semacam KAMMI or GP or Pengurus Mesjid Kemahasiswaan dan semacamnya gitu. Lumayan kan buat acara-acara Renungan Subuh atau Mutiara Iman (koq kaya nama Dosen Elektro Untirta ya??? :D)
    2.Bekerjasama dengan BEM (asli ane kagak ngerti urusan pulitik dunia kampus , silakan rekan cari jawaban untuk format acara ini)
    3.Kerjasama dengan organisasi Umum dan Olah Raga kemahasiswaan. Lumayan kan biar bisa kecipratan dana pubilkasi huehuehue..
    4. Kerjasama dengan KPLI (Kelompok Pengguna Linux- alias gerombolan-nya OM Dwiso😀 )..lumayan kan daripada ngumpulin orang-orang supaya melek Haki ngga mesti nyuruh datang…minimal nyuruh denger..kalo udah tertarik kan pasti datang dengan sendirinya…
    5. Kerjasama dengan ikatan alumni…..wuih…siapa tau….alumni juga siap ngebikin nih Radio jadi lebih mentereng dan ngga kalah sama Radio Pemerintah or radio lainnya…

    Hmm….kayaknya pengelola radio lebih mahfum deh daripada ane..ya? hehehe
    Om Penyiar…mao donkz..sekali-sekali diajak on air….

    Comment by Abu Dinar — June 2, 2008 @ 9:33 am | Reply

  2. good luck…….
    maju terus elektro……….

    Comment by ana — August 2, 2008 @ 2:23 pm | Reply

  3. …ada juga Flash Radio yang merupakan radio kumunitas anak-anak Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Teknik Cilegon. Usia Flash Radio terbilang sudah cukup lama, yaitu sejak tahun 1989, dan mengalami off air (tidak mengudara-red) beberapa kali dikarenakan kendala pendanaan. Radio yang mengudara di 107.9 FM ini mengusung konsep edutainment, yakni memadukan unsur pendidikan dengan hiburan. “Kita lebih nekenin ke edukasi, terutama pendidikan dan kebudayaan, makanya dalam siaran kita lebih mengarah ke acara seperti itu,” papar Tb. Firmanudin koordinator di Flash Radio.

    Comment by radarbanten — September 10, 2008 @ 3:07 am | Reply

  4. ELEKTROOOOO!!!!!!!!!!

    JOOOOOSSSSSSSS……….

    Comment by joe armstrong — September 17, 2009 @ 5:40 pm | Reply

  5. http://untirtaflashradio.blogspot.com/p/blog-page.html

    Comment by elektrojoss — October 7, 2014 @ 7:43 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: