Elektrojoss

September 9, 2007

Mendiknas Lantik Rektor Untirta

Filed under: News — elektrojoss @ 12:55 am

JAKARTA – Untirta akhirnya punya rektor baru. Setelah sempat terkatung-katung beberapa bulan, Prof Dr Ir Rahman Abdullah MSc dilantik oleh Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menjadi rektor menggantikan Prof Dr Yoyo Mulyana,

Jumat (7/9), di lantai III Depdiknas, Jakarta. Rahman dilantik bersamaan dengan pelantikan tiga pejabat eselon II di lingkungan Depdiknas masing-masing Marhusa Panjaitan (Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Depdiknas), Mukhlas MPd (Direktur Ketenagaan Kependidikan Dirjen Dikti Depdiknas), dan Sofyan Usman (Sekretaris Pelaksanaan Kopertis Wilayah IV Bandung).
Hadir dalam pelantikan, mantan rektor Untirta periode 2003-2007 Prof Dr Yoyo Mulyana, tokoh Banten Suryadi Soedirdja, para pembantu rektor, para dekan, ketua LPPM, dan jajaran civitas akademika Untirta. Namun tak ada perwakilan mahasiswa yang diundang dengan alasan keterbatasan tempat.
Pelantikan yang dilangsungkan pukul 14.00 WIB itu berlangsung sederhana dan singkat. Mendiknas Bambang Sudibyo dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada mantan rektor Yoyo Mulyana yang telah meletakkan pondasi dalam menghadapi tantangan universitas.
Kepada rektor baru, Bambang berharap agar memperhatikan tiga hal yakni mutu pendidikan, kualitas dosen, dan citra pendidikan dalam mengembangkan pendidikan nasional. “Ketiga hal itu penting untuk diwujudkan,” tandasnya.
Usai pelantikan, Rahman Abdullah mengatakan, akan membawa Untirta menjadi universitas berkelas nasional. Ia membutuhkan waktu 100 hari untuk mempersiapkan langkah-langkah dan strategi.
Menurut Rahman, dirinya bukan wajah baru di Untirta. Sebelumnya ia sudah dua tahun menjadi dosen datasering (dosen khusus) sehingga sudah cukup mengenal Untirta.
Bagi Rahman yang berpengalaman mengembangkan Universitas Tadulako di Palu, masih banyak ruang-ruang untuk berbuat sesuatu bagi dirinya di Untirta. Bahkan ruang-ruang itulah yang memotivasi dirinya mau menjadi rektor. “Saya siap dan optimis bisa mengembangkan Untirta minimal sekelas nasional dulu. Mengembangkan Universitas Tadulako yang kecil dan berada di kampung saja bisa, kenapa di Untirta tidak bisa,” ujar Rahman yang sebelumnya menjadi guru besar mata kuliah bidang Ilmu Perencanaan Wilayah Kota dan Pemukiman di Universitas Tadulako.
Rahman menambahkan, menghargai hasil kinerja rektor terdahulu Yoyo Mulyana. Kata Rahman, Yoyo merupakan rektor pertama Untirta yang meletakkan pondasi dalam menghadapi tantangan. “Cukup bagus kinerja rektor terdahulu. Penilaian saya hanya kurang optimal saja. Dan itu akan saya optimalkan sekarang,” ujar pria kelahiran Makassar, 22 Mei 1961 ini.
Rahman berjanji akan meningkatkan mutu pendidikan. “Untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan perlu dimulai dari peningkatan kualitas dosen. Entah disekolahkan lagi, entah dikursuskan. Pokoknya, dosen perlu ditingkatkan lagi kualitasnya,” papar Rahman.
Begitu juga sistem dan manajemen yang ada di lingkungan Untirta selama ini, akan diperbaiki dan dibenahi Rahman dengan konsep kebersamaan.
Saat disinggung Untirta selama ini kurang dihargai oleh Pemprov Banten dalam berbagai program dan lebih memilih universitas di luar Banten, Rahman menilai, berpulang kepada kualitas SDM dosen di Untirta sendiri.
Sementara mantan rektor Yoyo Mulyana saat dimintai kesannya mengungkapkan, meski dirinya sudah “merdeka” mengantarkan Untirta selama periode 2003-2007, namun tidak akan meninggalkan Untirta. “Saya masih tetap di Untirta. Saya dalam beberapa bulan masih akan membantu rektor yang baru. Mentransfer atau memindahkan ilmu yang saya punya. Mudah-mudahan bisa diterima,” tutur Yoyo.
Sebelumnya, Untirta mengajukan tiga calon rektor ke Depdiknas hasil pemilihan rektor. Ketiganya masing-masing peringat I (peraih suara tertinggi) Prof Dr Ir Rahman Abdullah dari Universitas Tadulako, Palu, peringkat II Prof Dr Hufad dari UPI Bandung, dan peringkat ketiga Prof Dr Soegianto dari Universitas Brawijaya Malang.
Lebih Dekat
Pelantikan Rahman Abdullah sebagai rektor membawa harapan baru bagi mahasiswa. Mereka meminta agar rektor baru lebih dekat dengan mahasiswa. “Bisa lebih dekat dengan mahasiswa, supaya lebih bisa tahu keinginan-keinginan mahasiswa selaku elemen penting di kampus,” ungkap Singgih Dwi Prasetyo, Sekretaris Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum.
Rektor baru juga diharapakn melakukan perubahan positif bagi Untirta lima tahun ke depan. “Sejumlah fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar maupun sarana kegiatan pendukung ekstrakurikuler bisa lebih dilengkapi. Selama ini masih sangat kurang,” imbuh Singgih.
Singgih menilai rektor baru ini merupakan sosok pengajar yang cerdas dalam disiplin ilmu yang digeluti. “Sebelum mencalonkan diri menjadi rektor, Pak Rahman pernah kita undang untuk jadi narasumber pada seminar hukum. Ia cerdas sebagai seorang pendidik,” ujar Singgih.

RadarBanten

8 Comments »

  1. rektor untirta sudah terpilih, trus nanti siapa dekan tekniknya?
    lalu siapa ketua jurusan elektro?kapan dilantiknya?
    semoga penggantian kajur berjalan lancar dan nanti membawa perubahan yang lebih baik untuk mahasiswa elektro khususnya, siapa yah calon kajur elektro?

    Comment by jawara — September 10, 2007 @ 1:33 am | Reply

  2. kajur elektro = hartono

    Comment by thogel — September 13, 2007 @ 4:08 am | Reply

  3. Good luck buat rektor baru, saya selaku alumni untirta, fakultas teknik, jurusan elektro mengucapkan selamat dan sukses buat rektor yang baru, saya berharap dengan rektor yang baru. untirta lebih maju untuk 5 tahun kedepan sesuai janji rektor untuk membawah nama untirta ke kanca nasional maupun internasional…!
    pesan gue buat rektor yang baru!!jangan hanya janji doang,…buktikan dong dengan fakta….!

    O ya ada yang tertinggal..:
    tolong dong websitenya untirta diaktifin lagi dong…seperti dulu…kan kita sudah punya ICT to….jangan hanya nmnya doang tapi faktanye ga ada tu..?

    klo orang fuskom ga bisa, alumni siap tu bantu buat jalanin tu ICT…katenya canggih tu.uu….

    Bravo UNTIRTA

    Comment by sudariyadi — September 13, 2007 @ 7:44 am | Reply

  4. yupz,selamat untuk rektor baru kita…!!! pertanyaan yang paling pertma saya mau ajukan, kapan pak ni untirta punya perpustakaan yang bukunya luengkap dan laboratorium yang mbikin mahasiswa lebih kreatif??? saya doakan kedepan bapak bisa membawa nama untirta ketingkat nasional bahkan internasional, tapi jangan lupa pak, mahasiswa untirta sekarang pada malezzz baca buku karena bosen buku di perpustakaan nya itu-itu aja dan lagi pada malezzz kuliah karena mabok sama teori-teori yang mbikin botak ni rambut tanpa dibrengi praktikum…saya kira buku yang berkelas internasional dapat membantu bapak dalam membawa untirta ketingkat nasional…dan laboratorium dapat membantu bapak dalam membawa untirta ketingkat internasional…

    Comment by ade.. — September 15, 2007 @ 6:31 pm | Reply

  5. rektor baru….
    semoga dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam tubuh untirta..
    diharapkan beliau dapat mengemban tugas dengan baik terutama perhatian terhadap teknik, karena selama ini teknik kurang dapat perhatian. akan percuma apabila kita punya rektor yang mumpuni akan tetapi dekan diteknik sendiri “mbrehe”,kurang dapat berkomunikasi dengan dunia industri..
    akan jadi apa alumni kita jika industri diwilayah kita saja kita tidak mampu “menjamah”nya
    jangan sampai kita “diperkosa” oleh kebijakan yang cuma hanya untuk kepentingan tertentu..
    kedekatan dengan pemerintah itu perlu,akan tetapi jangan terlalu dekat,entar cingcai lagi,trus yang ngontrol sapa??? kita jadi partner share aj…toh kita tetap pegang idealisme kita….ya kan…bener kan…iya dong…
    sukses aja pa..doa mahasiswa menyertaimu..

    Comment by edy irawan — September 16, 2007 @ 4:19 pm | Reply

  6. Selamat ats terpilihnya rektor baru untirta,,,semoga ada perbahan yang lbh berarti,,,untuk semua mahasiswa perjuangan belum berakhir,,fungsi kontrol kita harus berjalan,,

    walaupun tantangan yang ada didepan lbh berat lagi,,

    buat temen2 pejabat “PRESIDUM” ( ketua BEM sementara )jangan gentar,,,

    Comment by Hery — September 21, 2007 @ 6:35 pm | Reply

  7. buat TOGEL dan kawan2 yg mo sidang hari senin belajar yg bener,kuasai teori dasar&aplikasi-y….

    GOOD LUCK 4 U ALL…….Moga lulus N jadi wisuda bareng d bulan oktober (Ntu pun klo ga mundur lg)

    Comment by Batosai — September 21, 2007 @ 6:39 pm | Reply

  8. pejabat eselon II di lingkungan Depdiknas masing-masing Marhusa Panjaitan (Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Depdiknas)

    Pak Marhusa ini pamanku loh…

    Comment by Riduan — October 2, 2007 @ 8:31 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: