Elektrojoss

September 9, 2007

Awari Roadshow 2007

Filed under: News — elektrojoss @ 1:55 am

Kemarin Sabtu tanggal 8 September 2007, Awari mengadakan roadshow di kota Cilegon- Banten.
Roadshow yang berbentuk seminar dan workshop ini merupakan bagian awal dari rencana Tour De Java ke 24 kota di Jawa. Dalam jangka panjang, secara nasional Awari (Asosiasi warnet Indonesia) juga merencanakan kunjungan yang diiringi dengan kegiatan lain ke setiap wilayah kerja Awari, mulai dari region 1 (Sumatera) hingga region 6 (Maluku dan Papua). Tentu saja untuk melangkah ke sana dibutuhkan dukungan sepenuhnya dari setiap anggota Awari.

Untuk kegiatan kali ini di kota Cilegon, yang mengusung tema “Penerapan UU HaKI dan Peraturan Daerah: Dampak bagi Warnet sebagai UMKM mandiri”, dilaksanakan oleh Awari dengan dukungan dari awari korwil Banten dan kalangan akademisi (HME FT.Untirta). Acara diikuti oleh 21 orang peserta dari kalangan warnet, mahasiswa dan masyarakat umum di kota Cilegon, Serang dan sekitarnya. Kegiatan terdiri atas 3 sesi seminar dan 1 sesi workshop, setiap sesinya ada tanya-jawab interaktif dengan peserta. Acara tersebut berlangsung di Auditorium Fakultas Teknik Untirta, Cilegon.

Banyak yang diharapkan dari kegiatan ini, selain untuk membuka wawasan dari para pengelola warnet mengenai dikotomi perangkat lunak berbayar (proprietary software) dan tidak berbayar (free software), juga mencoba mengangkat status warnet dari suatu segmen industri yang tidak terafiliasi dengan institusi manapun di negeri ini menjadi segmen industri yang layak didukung. Jika perbedaan persepsi dalam menyikapi perangkat lunak berbayar dan tidak berbayar kadang menimbulkan perdebatan yang meruncing, maka ketidakjelasan status warnet diharapkan menjadi “wadah” yang menyatukan perbedaan tersebut.

http://www.awari.or.id

4 Comments »

  1. Terimakasih atas dukungan teman-teman elektro yaitu maman,devi,ace,mahadi,aan, serta teman2 KPLI cilegon, sehingga acara awari dapat berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun waktu pelaksanaan acara awari bentrok dengan acara Camp HME ke SukabumišŸ˜¦ , semoga jerih payah dan pengorbanan teman-teman untuk acara awari tidak sia-sia dan bermanfaat untuk kemajuan bersama dan mencerdaskan masyarakat kota cilegon melalui teknologi informasi dan komputer.

    Comment by kopel99 — September 9, 2007 @ 2:44 am | Reply

  2. Kampus sebagai institusi pendidikan tinggi dianggap mampu menjadi salah satu media pembelajaran Teknologi Informasi (TI) yang baik bagi masyarakat sekitar, walau mereka bukan mahasiswanya sekali pun. Karena kalangan akademisi tersebut memiliki potensi intelektual dan kritis terhadap kemajuan teknologi informasi.
    Sejak tahun 2003 hingga sekarang HME FT.Untirta masih konsisten mengadakan kegiatan pembelajaran TI bagi masyarakat umum dengan mengadakan seminar awari tersebut.
    Acara kali ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha warnet, rental komputer, dan para usahawan lainnya yang menggunakan komputer sebagai aset usahanya. Tujuannya agar usaha mereka tidak ditutup karena terkena dampak sweeping oleh aparat kepolisian.
    Acara yang bagus dan bermanfaat untuk masyarakat..sukseslah!

    Comment by jawara — September 10, 2007 @ 1:28 am | Reply

  3. Special thanks to all members of team, banyak kekurangan dan keterbatasan yg terjadi, tapi itu adalah buah kerja kita dalam waktu singkat.
    Semoga pada kesempatan mendatang kita dapat melaksanakan kegiatan yang lebih OK dan tidak bentrok lagi dengan agenda lainšŸ˜€

    Salam.

    Comment by kapten vu — September 19, 2007 @ 3:22 am | Reply

  4. apa tindak lanjut dari acara tersebut? apakah pihak awari sudah melakukan konsolidasi terhadap para pengusaha/pemilik warnet di cilegon-serang dan sekitarnya?
    Saya dengar kabar bulan oktober, beberapa warnet di kota cilegon sudah terkena sweeping oleh aparat(oknum?) alasan karena tidak ada izin usaha atau software bajakan. Selanjutnya selain rugi kena denda hukum sekaligus komputernya diambil/disita aparat. Adanya sweeping tersebut membuat warnet menjadi rugi dan bangkrut. Kabar ini samar terdengar dan terkesan ditutupi karena ketidakberdayaan para pemilik warnet.
    So apa kita gak tindakan lebih lanjut?..atau hanya pasrah hanya menunggu musibah(sweeping) itu datang kepada kita…tanya kenapa?!

    Comment by wongcilik — November 23, 2007 @ 3:28 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: