Elektrojoss

August 27, 2007

Cilegon Roadshow “Be Legal Software” 2007

Filed under: News — elektrojoss @ 2:40 am

Mungkin kita sering mendengar berita tentang sweeping software bajakan ini, maraknya aksi sweeping akhir-akhir ini membuat para pengguna software yang bajakan resah, seperti sweeping warnet bulan mei 2007 di kota Malang, khususnya warnet yang masih menggunakan non-legal software baik full license maupun baru sebagian. Kenapa warnet yang full license microsoft certified (MSRA) untuk semua PC mereka pun ikut resah, tampaknya momen ini dimanfaatkan para oknum untuk mencari-cari kesalahan dari usaha tersebut demi sesuatu yang menghasilkan. Ada yang mengatakan bahwa oknum sudah tidak jelas lagi akan sebuah arti license dan pelanggaran HAKI, seakan-akan semua jenis usaha warnet termasuk pelanggaran HAKI.
Sebuah warnet yang hanya menyediakan jasa browsing, chatting tanpa games online mungkin tidak akan mengalami banyak masalah untuk beralih ke linux, kendala akan berasa pada user yang menggunakan OS linux tersebut terkadang hanya sedikit sekali user yang akrab dengan OS ini namun jika diberikan sedikit tutor yang singkat dan jelas rasa-rasanya bisa sedikit membantu masalah apalagi sekarang banyak distro-ditro linux yang menyediakan windows skin buat yang friendly dengan windows dan ingin menggunakan linux OS yang free. Namun bagi Online games station tampaknya tidak menemukan solusi yang lebih baik kecuali windows OS, karena games-games online membutuhkan directX nya windows.
Menghadapi hal ini, langkah terbaik hanyalah menggunakan semua software yang legal dan tidak melanggar HAKI. Himbauan dari blog nya irwinday mungkin bisa berguna sebagian bahan acuan bagi warnet anda. Satu lagi, saya dapat info dari teman mengenai hal ini menyarankan untuk warnet yang sudah memiliki legalitas software MSRA sebaiknya juga mengurus perizinan ke pihak kepolisian bagian intelkam, berguna untuk mencegah sweeping/razia dari oknum yang tidak berwenang.
Agar diketahui, bahwa sebagian warnet yang terkena sweeping bukan karena membajak Operating System, tapi karena membajak Aplikasi baik itu Photoshop, Corel Draw, Anti Virus, maupun MS-Office. Sebagian, entah karena tidak tahu ataupun karena tidak peduli, merasa setelah menggunakan Operating System yang orisinal/bukan bajakan, boleh memasang Aplikasi apa saja ke komputer mereka. Menyedihkan, tapi itulah kenyataan yang ada di Lapangan. Kesimpulannya jika penetapan aturannya tidak merata maka ke tidak taatan terhadap hukum akan tetap berlangsung dan kedepan kita akan melihat terus kejadian seperti di Malang terjadi.
Melihat permasalahan sweeping warnet diatas, maka akan Awari (Asosiasi warnet Indonesia) Cilegon, produsen software legal, dan instansi terkait akan mengadakan event roadshow nasional bertajuk warnet be Legal 2007. Salahsatunya seperti seminar akan berlangsung di Auditorium Fakultas Teknik Untirta Cilegon pada tanggal 1 September 2007.
Sebelum menyesal belakangan, jangan lewatkan acara ini bagi para pemilik/pengelola warnet atau pemerhati iCT di cilegon,serang,pandeglang,dan sekitarnya.

5 Comments »

  1. SIDOARJO, 27 Juli 2007- Polres Sidoarjo menggelar sweeping terhadap warnet-warnet dan multiplayer games di Sidoarjo dan ditemukan tujuh warnet dan multiplayer games diduga menggunakan software ilegal.

    Warnet yang terkena sweeping berikut pemiliknya yang dijadikan tersangka yakni Top One di Pondok Mutiara (Leonardi), Multiplayer Zigma di Puri Indah (SukardiI), Galaksi di Tropodo 108 (Andri Chandra), King di Jalan Pahlawan 33 (Lestari Rahayu, Intan Net di Tropodo 11 (Agustinus), Pegasus Net di Jalan Trunjoyo 41 (Siantoro), dan Titan Net di Jalan Majapahit 82 (Budi Cahyadi).
    Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Isbari di Sidoarjo, Kamis mengatakan pihaknya mendapat laporan dari Bussiness Software Alliance (BSA) Singapura tentang adanya penggunaan software bajakan di tujuh warnet dan multiplayer games tersebut.

    “Kami menerima laporan dari BSA itu, 27 Juni 2007 dan kami melakukan pendalaman. Hasilnya, memang ditemukan software illegal pada warnet dan multiplayer games itu,” katanya menegaskan.

    Polres Sidoarjo mulanya menyita seluruh personal computer (PC) di warnet dan multiplayer games tersebut. Masing-masing untuk Warnet Top One 63 unit, multiplayer games Zigma sebanyak 93 unit, Galaksi sebanyak 6 unit, King 3 unit, Intan Net 19 unit, Pegasus Net 3 unit, dan Titan Net 29 unit.

    Menurut Isbari, dalam PC di warnet dan multiplayer games tersebut, ditemukan adanya software bajakan seperti Adobe Photoshop, Adobe Reader, platform Microsoft Windows, dan sejumlah software dari Apple.

    dari Kompas

    Comment by kopel — August 28, 2007 @ 3:15 am | Reply

  2. Seminar Be Legal Software diundur menjadi tanggal 8 September 2007.

    more info:
    http://www.cilegon-linux.org
    http://www.awari.or.id

    Comment by dwiso — August 30, 2007 @ 10:32 am | Reply

  3. ayo ikuti acara ini, bagi pemilik warnet yang memakai ws aspal, sebaiknya makai UNIX/LINUX aja….
    gak rugi pake LNX, sekarang Interface-nya banyak yang sama kaya WS kok….
    masa pake WS bisa, pake LNX ga bisa….
    ayo dong… anak kelas 4 SD aja bisa pake LNX…..

    Comment by BandarDjakarta.... — September 4, 2007 @ 11:03 am | Reply

  4. Adobe Reader? bukannya pembaca dari adobe itu gratis,karena tidak ada registrasi online seperti halnya software berlisensi laen,dan langsung bisa didownload pada situsnya adobe atau melalui web yang menyediakan software gratis…hati2 donk kalo nulis…tapi saya mendukung sepenuhnya “CILEGON ROADSHOW-BE LEGAL-SOFTWARE”

    ELEKTROOOOOO….JOSSSSSSS

    Comment by APHE — September 5, 2007 @ 10:47 am | Reply

  5. pembaca dokumen pdf tergolong murah dan banyak, misalnya xpdf,kpdf, ghostscript dan GSview(gratis). Kalo gak salah sejak acrobat reader versi 8 musti registrasi online ke internet, dan ada flag-flag proteksi software
    http://www.adobe.com/products/acrobat/acrreula.html

    Comment by elektrojoss — September 6, 2007 @ 1:13 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: