Elektrojoss

June 8, 2007

Bentrok Warnai Pelantikan Presma Untirta

Filed under: Uncategorized — elektrojoss @ 11:24 am

Pelantikan Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, banten diwarnai bentrokan antar mahasiswa, Kamis (7/6/2007). Pihak rektorat pun turun tangan untuk mendamaikan.

Peristiwa tersebut berawal ketika ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Peduli Perubahan Untirta melakukan aksi unjuk rasa. Mereka menuntut Presma dan Wapresma terpilih, yakni Wijianto dan Andri Dramicho, segera dilantik.

Namun saat ketua MPM sedang membacakan SK pelantikan, tiba-tiba masuk segerombolan mahasiswa lain yang menentang pelantikan. Suasana menjadi panas. Sejumlah mahasiswa bahkan sempat terlibat adu jontos.

Namun beruntung, pertikaian berhasil diredam sebelum meluas. kedua kubu kemudian diminta musyawarah di ruang rektorat. Hingga pukul 13.00 WIB proses perundingan masih berlangsung. Ratusan mahasiswa yang pro Presma dan Wapresma terpilih memblokade jalan masuk menuju ruangan rektorat.

Detiknews.com

2 Comments »

  1. ore ngarti kite meh neng mahasiswa siki ape sing digelati ampe rebutan jabatan, ape ore weruh teh jabatan kuen amanat, arogan amat sih neng jabatan. arep jadi ape sire cah, aje leler, kaye perimen sire lamun wes pade lulus.

    Comment by mahmud — June 13, 2007 @ 3:04 pm | Reply

  2. Kerusuhan dipicu ketidakpuasan dari pendukung calon presma tidak terpilih. Berawal ketika prosesi pelantikan yang dilakukan Eri Teguh Sabari, selaku Majelis Permuswaratan Mahasiswa (MPM) Untirta terhadap calon terpilih, Wijianto, yang telah memenangkan pemilu langsung Presma pada 7 bulan lalu.

    Saat Eri mulai membacakan surat keputusan pelantikan, tiba-tiba salah seorang pendukung dari pendukung calon Presma tidak terpilih (Rizal Azis) menerobos barisan ratusan mahasiswa yang membuat berikade melingkar. Akibatnya kericuhan pun terjadi, saling tunjuk, saling dorong, dan saling caci maki mewarnai kericuhan itu.

    Walau kericuhan tersebut dapat diredam setelah terjadi pertemuan tertutup antara Rektor, MPM dan kedua calon presma, tetapi masih terlihat ketegangan. Timbul pertanyaan berikut, ada kepentingan apa di balik penentangan dari pihak rizal? apakah hal ini sudah mencederai proses demokrasi kampus? apakah ini berhubungan dengan masalah proyek-proyek di kampus?
    Dengan munculnya masalah presma ini, menunjukkan bahwa adanya masalah politis internal baik dari presma maupun rektorat untirta, jangan biarkan masalah ini berlarut-larut lama, karena akan berdampak buruk bagai segenap civitas akademika untirta.
    Mari kita usung perubahan konstruktif di kampus untirta tercinta..

    Comment by arrester — June 19, 2007 @ 1:02 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: