Elektrojoss

May 29, 2007

Listrik Banten Segera Tuntas

Filed under: News — elektrojoss @ 1:16 am

SERANG – PT PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Banten memproyeksikan pada tahun 2011 semua daerah di Provinsi Banten sudah teraliri listrik.

Target ini lebih cepat dari Visi PLN 75 – 100, yaitu pada 75 tahun Indonesia merdeka (tahun 2020) warga Negara RI 100 persen menikmati listrik. “Kami optimis bisa tercapai. Listrik bukan lagi sebuah komoditas, tapi infrastruktur yang harus disediakan Negara,” kata Manager PT PLN APJ Banten Muhdi Yasin di ruang kerjanya, Senin (28/5).
Sebagai bentuk tekad merealisasikan target tersebut, digelar Apel Siaga Pelayanan dan Keandalan Pasokan Tenaga Listrik pada Kamis (24/5) lalu di Lapangan Kampung Domba, Serang. Muhdi Yasin yang langsung memimpin apel memeriksa semua kendaraan dan peralatan operasional.
Muhdi menjelaskan, dalam target itu pihaknya memiliki waktu 4,5 tahun. Saat ini rasio elektrifikasi di Banten (minus Tangerang) sebesar 68 persen (643.000 pelanggan) dan kurangnya 32 persen lagi (302.588 pelanggan). APJ Banten sendiri per tahun mampu melayani pasang baru sekitar 36.000 pelanggan.
Kekurangan 302.588 pelanggan jika dibagi 4,5 tahun, berarti melayani pemasangan baru sekitar 67 ribu pelanggan per tahun,” ungkap Muhdi. Ia juga mengatakan, dari 1.049 desa di Banten, 1.020 desa sudah teraliri listrik atau hanya 29 desa lagi yang belum, meski di desa yang sudah teraliri ada sebagian warganya yang belum.
Visi 75 – 100 di Banten, lanjut dia, sepenuhnya ditanggung APJ Banten. Tahun 2006 lalu, misalnya, memiliki budget pemasaran Rp 34 miliar dan terserap 80 persen dengan pencapaian 36.000 pelanggan baru. “Dana yang tersedia bukan untuk dihabiskan dalam setahun, tapi menyesuaikan dengan pasar (pemasangan baru-red). Bila kurang, PLN Distribusi Jawa Barat-Banten siap menyuntikkan dana,” ungkapnya.
Katanya, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Ditjen Listrik dan Energi Baru dalam program listrik pedesaan siap membantu target Visi 75 – 100 di Banten. “Kabarnya, 2007 Departemen ESDM menganggarkan dana Rp 17 miliar untuk listrik desa di Banten. Tahun 2008 rencananya dinaikkan menjadi Rp 64 milar,” ungkap Muhdi. (bie)

 

RadarBanten

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: