Elektrojoss

May 26, 2007

Robot Siswi SMA Raih Emas

Filed under: Iptek — elektrojoss @ 12:59 am

Siswa-siswi SMA kembali mengharumkan nama bangsa di pentas dunia. Dua robot buatan siswa-siswi Indonesia mendapatkan penghargaan dalam The International Project Competition InfoMatrix ke lima yang berlangsung di Rumania, 14-15 Mei 2007.

Dalam kompetisi tahunan tingkat internasional yang diselenggarakan Lumina University, Universitatea Din Bucharest, dan Departemen Pendidikan Rumania itu, siswa-siswi Indonesia tersebut masing-masing memperoleh medali emas dan perak.
Medali emas diberikan kepada Amanah Rahmadia, siswi SMA Kharisma Bangsa, Tangerang. Medali perak diperoleh Dipa Raditya dari SMA Pribadi, Depok, Jawa Barat, dan Riyandi Pratama Putra dari SMA Semesta, Semarang, Jawa Tengah.
Robot bernama Bombuster (pemburu bom) yang dibuat Amanah sukses melakukan simulasi memindahkan replika bom ke tempat yang aman. Robot buatan Dipa dan Riyan berhasil mendemonstrasikan kemampuan menemukan titik api dan memadamkannya secara otomatis. Robot tersebut juga bisa mengirimkan peringatan adanya bahaya kebakaran melalui SMS.
Keberhasilan tersebut cukup mengejutkan. Sebab, seperti yang dituturkan Amanah saat ditemui kemarin, beberapa insiden membuat penampilan karyanya tidak maksimal. ’’Robot saya sempat tertinggal di Singapura saat transit. Setelah itu, sampai di Rumania, Bombuster tidak berfungsi,’’ ujarnya.
Perasaan panik yang sempat menyelimuti hati Amanah menjelang kompetisi berubah menjadi kegembiraan ketika dirinya dinyatakan sebagai salah seorang pemenang dan berhak mendapatkan medali emas. Kebanggaan pun bertambah karena dia adalah satu-satunya peserta perempuan dalam kategori hardware control tersebut.
Dipa mengungkapkan, dia dan rekan setimnya baru kali pertama mengikuti lomba tersebut. Bahkan, dia baru mempelajari teknologi robotika sejak 3–4 bulan lalu atas bimbingan seorang dosen Universitas Gunadarma. ’’Awalnya, saya diberi tahu guru komputer bahwa ada lomba di internet. Lalu, saya dikenalkan kepada seorang dosen Gunadarma,’’ kata Dipa yang masih duduk di tingkat dua tersebut.
Kemudian, atas inisiatif pimpinan masing-masing sekolah, dia dipertemukan dengan Riyan untuk mengerjakan proyek bersama di Depok.
Meski kedua tim dari Indonesia sama-sama membuat robot, InfoMatrix pada dasarnya bukan kompetisi robotika. Ada empat kategori yang dilombakan. Yakni, computer art, programming, digital content, dan hardware controlling. Selain kedua robot tersebut, di kategori hardware controlling, tim SMA Fatih Banda Aceh yang membuat Drunk Detector Car mendapatkan medali perak. (jpnn)

 

Radar,26-Mei-2007.

2 Comments »

  1. baguss,,!! membawa nama besar indonesia.
    tingkatkan lagi keratifitas anak bangsa.. maju terus jng mau kalah dengan bangsa lain..

    Comment by Novita sari — June 2, 2007 @ 6:00 am | Reply

  2. wow..!! Baru tau nih..

    Fantastik..!!
    Itu kata yang keluar waktu saya baca judulnya..

    Prestasi.!! Tingkatkan..!! Cari Sponsor..!! Berkarya..!! Berkarya..!!

    Majulah Bangsaku..!!

    Comment by Fahmi Idris — July 11, 2007 @ 2:11 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: